Temukan titik Usaha dengan kondisi yang sesuai :
Saat para kaka saling memaparkan usaha mereka masing-masing,.. seperti yang dikatakan salah satu dari para kakak "kondisi suatu ladang usaha di setiap tempat berbeda-beda, maksudnya di suatu tempat yang telah berhasil dengan yang kita terapkan di tempat tersebut tidak selalu dapat diperoleh juga di tempat lain" saya pun mulai berpikir dari apa yang dikatakan salah satu para kaka,.. yah memang kakak 1 ternyata benar terkadang kita ingin meniru suatu usaha yang telah menjadi tempat favorit para konsumen produk / jasa yang akan kita terapkan di daerah kita ternyata dengan beberapa modal usaha yang kita miliki yang setara untuk membangun usaha tersebut tidaklah laku alias gatot (gagal total),.. kemudian pemikiran ini berlanjut akan tetapi ada daerah tertentu dengan hal yang sama dengan jasa, pelayanan dan fasilitas yang sama dapat diterapkan di daerah lain,.. inti dari semua ini kita haruslah menyesuaikan apa yang dibutuhkan untuk usaha yang memiliki prospek terbaik untuk daerah yang ingin kita dirikan dan menjadikan usaha ladang emas baru kita,..
Ciptakan lapangan usaha baru atau ikuti berkompetensi dengan yang sudah ada :
Untuk memulai usaha dengan modal yang telah kita miliki terkadang untuk memunculkan suatu pemikiran usaha baru sungguhlah diperlukan ide segar dengan konsep terbaik dan diperlukan pula pemikiran yang matang,... kita selalu dikondiskan seperti kata kakak 2 "muasal Usaha muncul adalah ada dua kemungkinan, usaha tersebut suatu hal yang baru atau sudah ada" dari konsep ini saya mulai mendapatkan wawasan usaha kedua,. hmmm semakin menarik pembicaraan para kakak didalam suatu ruang bersama yang sangat pengap akan tetapi serasa sejuk akan pencerahan-pencerahan yang berlangsung,.. kembali lagi menuju konsep dua,.. maksud dari konsep dua untuk membangun usaha kita, selalu ada peluang baru usaha pada suatu daerah yang kita inginkan, lalu langkah apa yang kita perlukan yakni jadikan lapangan usaha baru tersebut menjadi satu-satunya pasar hanya untuk kita akan tetapi hambatan pastilah terjadi seperti pribahasa filosofi lama dimana ada air disitu muncul kehidupan bahkan berbagai kehidupan,... jadi sebelum muncul pesaing kompetensi yang kompeten kita haruslah siap atau bersiap-siap untuk terbang lebih jauh dan meluncur lebih ketengah hingga terdepan agar para pesaing tidak lagi sebagai pesaing kompeten yang handal dan mereka tetap lemah bagi usaha kita,... semakin ditambah bingung mungkin dengan langkah ini ,.. bahasa awam mungkin lebih memudahkan dalam pemaham dari pemikiran para kakak ini,.. maksudnya disini semakin usaha itu mudah untuk mendapatkan emas yang kita tambang maka akan banyak bermunculan penambang lain padahal emas tersebut jumlahnya tetap ,. maka mau tidak mau kita harus berbagi dengan yang lainnya,..
Seperti contoh suatu perusahaan seperti website jaringan sosial yang dulunya friendster merupakan penguasa jaringan sosial hingga tahun ini mereka akhirnya dinomorduakan oleh pelanggannya bahkan lebih rendah dari itu,. mereka adalah perusahaan jaringan sosial yang lebih awal didirikan karena ketidak siapan mereka untuk menyikapi para pesaing yang lebih kompeten akhirnya mereka mendapatkan keuntungan yang lebih sedikit,. wew,.. Facebook adalah pengekor mereka yang sekarang lebih merajai situs jaringan sosial,. coba renungkan perusahaan situs jaringan sosial mana yang sanggup mengalahkan facebook,.. dengan jumlah pelanggan yang tiap bulan bertambah mereka tidak ingin disaingi oleh situs jaringan sosial lain dengan selalu melakukan perkembangan situsnya dan mengakuisi situs-situs yang bakal menjadi pesaing mereka,.. maka mereka tetap besar dan tetap meraup keuntungannya lebih dari yang lain,.. contoh ini bisa digunakan dan berlaku juga bagi usaha-usaha kecil yang baru kita dirikan,..
Contoh kedua seperti di Indonesia seperti perusahaan McDonald yang ada di Indonesia mungkin,. mereka terkenal dengan makanan siap sajinya seperti ayam goreng dan kentangnya,.. mereka kini tetap bertahan akan tetapi usaha tersebut bisa kita saingi dengan munculnya usaha friendchaiz seperti rocketchiken yang kini mulai menanjak,. mereka memiliki konsep yang sama dan bidang usaha yang sama dalam usaha tersebut ,.. mereka muncul dengan adanya pasar yang sudah ada dalam usaha tersebut ,.. langkah yang mereka munculkan adalah dengan kualitas lebih rendah akan tetapi pelayan dan konsep yang nyaman dan menarik seperti yang dimiliki perusahaan Mcdonald,.. mereka bermain ditingkat konsumen dengan kemampuan penghasilan yang lebih rendah untuk konsumsinya dalam hal ini beraktualisasi untuk mencukupi kebutuhan pelanggannya,.. dengan contoh ini "mengikuti pasar yang sudah ada" juga dapat kita terapkan,.. dalam dunia usaha,..
Untuk menyikapi hal tersebut diatas kita dituntut untuk berusaha memajukan berbagai pelayan mulai dari teknologi atau pelayanan jasa yang maksimal agar emas tersebut dapat tetap kita ambil lebih banyak diantara yang lain,.. nah mulai sedikit ada pencerahan tentang konsep usaha baru bagi kita maka ,.. mau tidak mau usaha yang baru tetap menciptakan pesaing lain bagi kita,. tinggal bagaimana kita siap dan mulai bertindak lebih baik untuk menyikapi,. bisnis dan dunia usaha memang beginilah selalu pada akhirnya kita saling berperang di perairan merah yang akhirnya dinamakan samudera merah yang dulunya biru bagaimana kita tetap berenang semakin tengah atau semakin jauh agar tetap menjadi samudera biru yang tenang tanpa pesaing ,.. hingga akhirnya kita "Ciptakan Ruang Pasar Tanpa Pesaing dan Biarkan Kompetensi Tak Lagi Relevan" ,..
Salam dari saya selaku admin website ini ,.. Selamat membangun usaha yang baru dan temukanlah pemikiran-pemikiran baru,.. karena tidak ada yang tidak mungkin,.. ^^ \m
Bersambung ,.. he^^ by Rnunugraha
Daftar Pustaka : Pemikiran Para kakak dan Blue Ocean Strategy